Tips Penempatan Jam Bergaya Klasik Secara Tepat Untuk Berbagai Konsep Hunian Anda

Jika ada satu benda yang kerapkali menghiasi setiap ruangan, maka bisa dipastikan jam merupakan salah satunya. Oleh karena itu, jam tidak saja berfungsi sebagai penunjuk waktu tapi juga dapat berfungsi sebagai dekorasi.

Jam Dinding Bergaya Klasik

Anda dapat saja memilih harga wallpaper dinding paling mahal, mengaplikasikannya, namun kemudian merasa ada yang kurang. Namun menambahkan dekorasi jam dinding, bisa langsung meningkatkan daya tarik pada sisi dinding tersebut. Oleh karena itu, jam dinding juga dapat menambah nilai estetika ruangan. Dengan penempatan jam dinding yang tepat, maka akan menambah daya tarik serta menguatkan suatu karakter ruangan.

Penempatan Jam Bergaya Klasik

Saat ini terdapat banyak sekali ragam jam dinding. Namun, jam dinding bergaya klasik masih sering menjadi pilihan. Untuk rumah dengan desain interior bergaya klasik atau vintage, maka jam dinding dengan gaya tersebut merupakan pilihan terbaik. Di sisi lain, banyak yang berpikir bahwa rumah dengan desain modern atau minimalis akan kesulitan menambahkan jam dinding bergaya klasik.

Sebenarnya anggapan bahwa jam dinding bergaya klasik hanya dapat digunakan pada rumah bergaya vintage, klasik atau tradisional tidaklah tepat. Jika rumah Anda tidak mengusung gaya – gaya tersebut, maka tidak ada salahnya Anda menciptakan sentuhan klasik pada beberapa ruangan tertentu saja.

Posisi yang Tepat Pada Dinding

Jam dinding merupakan sebuah benda dekorasi yang bisa dikatakan paling sering dilihat oleh penghuni rumah. Oleh karena itu menempatkan jam dinding klasik haruslah di area yang mudah dilihat. Berikan jarak yang sesuai saat menempatkan jam dinding Anda di antara hiasan dinding lain.

Anda juga dapat menyesuaikan dengan motif wallpaper yang Anda pilih dari toko wallpaper dinding murah. Karena jam dinding akan berpengaruh pada suasana yang hendak ditampilkan dalam ruangan Anda.  Beri jarak antara jam dinding dari benda-benda lain di sekitarnya, agar posisinya tidak terhalang. Selain itu, tempatkan jam dinding pada tempat yang dapat dilihat oleh pandangan mata dengan nyaman. Tidak terlalu tinggi atau rendah, atau terhalang dekorasi apa pun.

Perhatikan Fungsi Ruangan

 

Jam Dinding Di Kamar

Jika Anda hendak menempatkan jam dinding klasik di ruang tamu bergaya vintage, tidak ada salahnya Anda memasangkan jam dinding lantai yang terbuat dari kayu dengan bandul cantik. Dengan catatan, tidak ada lemari pajangan besar di dekatnya. Karena hal itu akan membuat ruangan tampak riuh.

Namun jika konsep ruang tamu Anda bukan gaya klasik, sentuhan penunjang dapat Anda berikan dengan memilih jam dinding klasik yang sederhana dan tidak banyak ornamen. Semakin sederhana dan minimalis ruangan Anda, pilihlah jam dinding klasik yang berbingkai sederhana. Kesan klasik bisa Anda dapatkan dengan menempatkan jam dinding yang menggunakan huruf romawi.

Baca juga: Macam – macam Model Kursi yang Cocok Diletakkan Pada Lobby

Untuk ruang tengah, Anda bisa menggunakan jam klasik jenis cuckoo yang tidak pernah ketinggalan zaman. Bahkan sekarang modelnya sudah kian beragam, sehingga dapat ditempatkan di ruangan dengan berbagai desain interior.  Atau Anda juga dapat memilih jam dinding klasik tanpa angka jika Anda lebih menggemari desain minimalis.

Untuk ruang kamar, jam dinding klasik berukuran sedang atau kecil dapat Anda tempatkan di seberang tempat tidur. Jika jam dinding klasik kurang sesuai dengan motif yang Anda dapatkan dari toko wallpaper dinding murah, maka Anda dapat memilih jam klasik untuk ditempatkan di atas meja.

Tempatkan Pada Ruangan dengan Konsep Warna Senada

Penempatan jam dinding klasik yang baik, harus dapat selaras dengan konsep warna yang Anda gunakan di ruangan tersebut. Jam dinding klasik umumnya hadir dengan warna-warna netral seperti cokelat, putih, hitam, abu atau metal. Sehingga dapat diterapkan dengan sebagian besar desain interior. Untuk sentuhan lebih modern, Anda dapat memilih jam dinding bergaya klasik yang berwarna abu-abu logam dengan desain simpel dan sederhana.