Takut Rumah Bocor Di Musim Hujan? Tinjau Bangunan Sebelum Musim Hujan

Takut Rumah Bocor Di Musim Hujan? Tinjau Bangunan Sebelum Musim Hujan

Rumah menjadi tempat berlindung dari berbagai cuaca, tentunya menjadi tempat istirahat melepas lelah dari rutinitas keseharian. Sayangnya menjelang musim hujan banyak orang resah lantaran khawatir rumahnya akan bocor akibat berbagai hal yang rusak dari bangunan tembok, genting dan lain-lain. Bahkan orang rela merenovasi rumah agar saat musim hujan, keluarga tidak terganggu kesehatannya lantaran udara dingin maupun masuknya air hujan di dalam rumah.

Aspek Bangunan Yang Harus Di Tinjau Sebelum Musim Hujan

Menjelang musim hujan memang kegiatan merawat rumah harus diperhatikan agar musim hujan tidak membuat rumah bocor. Pastinya kebocoran tersebut berdampak buruk bagi kelayakan rumah jika tidak diatasi dengan cepat, untuk itu dibawah ini ada 5 aspek bangunan yang harus ditinjau menjelang musim hujan, diantaranya adalah:

1. Memperhatikan Kelayakan Genting

Posisi genting adalah hal utama yang menyebabkan rumah bocor atau tidak. Untuk itu perhatikan posisi genting yang berantakan, jika ada posisi genting yang bergeser atau ada genting yang rusak harus diganti agar masalah itu tidak menambah ke masalah lainnya. Apalagi kini banyak material atap yang kokoh dan dapat bertahan bertahun-tahun dan menggunakan membrane waterproofing agar kualitasnya semakin mumpuni. Pasalnya waterproofing termasuk material kedap air berbahan dasar aspal sehingga membuat rumah tahan terhadap kebocoran.

2. Memperhatikan Jaringan Listrik

Jaringan listrik juga wajib diperhatikan menjelang musim hujan karena jika terdapat jaringan listrik diluar genting akan konsleting dan menyebabkan listrik rusak. Hal itu tentu sangat berbahaya, apalagi jika hujan disertai petir dan memicu kebakaran lantaran kosleting listrik. Jangan sampai menyepelakan jaringan listrik yang berantakan atau terdapat kabel listrik yang sudah tidak layak karena menimbulkan berbagai masalah dan kerugian.

3. Tinjau Saluran Air

Jika saluran air dibiarkan tanpa pengecekan dalam waktu lama pasti terdapat lumpur dan lumut yang mengendap. Maka sebelum musim hujan tiba harus mengecek dan memperbaiki saluran air agar air hujan mengalir tanpa ada sumbatan, jika saluran air mengalami keretakan dapat memperbaikinya dengan membrane bakar waterproofing sehingga kekokohan saluran air tetap terjaga. Apalagi waterproofing termasuk material pelapis kedap air yang berkualitas dan dapat digunakan diberbagai aspek bangunan.

4. Usahakan Ventilasi Udara Dibuat Dengan Baik

Rumah modern lebih menonjolkan ventilasi udara yang cukup lebar dan jumlahnya banyak. Padahal hal itu membuat rumah terkena percikan air hujan sehingga suasana di dalam rumah menjadi lembab dan mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga. Terutama menyerang kesehatan anak-anak lantaran daya tahan anak belum kebal terhadap berbagai iklim. Usahakan memperhatikan sistem ventilasi udara agar saat musim hujan datang tidak memberikan kekhawatiran keluarga dan mengganggu aktifitas.

5. Memperbaiki Talang Air Yang Bocor

Talang air pastinya ada di setiap rumah yang berguna menyalurkan air hujan ke tanah. Namun kebanyakan orang mengabaikan kelayakan talang air dan tidak mengetahui jika talang air bocor atau rusak sehingga menyebabkan air merembes ke dalam rumah. Untuk itu buatlah talang air dengan material bagus dan berkualitas dan diperlukan membrane bakar waterproofing dalam pembuatannya agar kekokohan talang air terbukti dan bertahan lama walalupun sering diterpa hujan.

Sejatinya, memperhatikan aspek bangunan rumah menjelang musim hujan sangat penting. Tujuannya agar musim hujan tidak menjadi penghalang kebahagiaan anda dan keluarga karena seluruh bangunan rumah aman walalupun hujan besar, untuk itulah ke 5 aspek diatas harus dilakukan agar rutinitas tetap berjalan seperti biasanya walaupun musim hujan.