Masalah Yang Sering Terjadi Pada Penggunaan GRC Board Dan Solusinya

Dalam pembangunan rumah memang diperlukan bahan material berkualitas agar rumah dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak, di mana tentu saja ini sangat penting karena rumah merupakan tempat berlindung bagi semua orang agar dapat beristirahat dengan nyaman dan juga aman. Salah satu bahan material yang biasanya digunakan adalah GRC board yang merupakan sebuah papan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti partisi, palfon dan juga lisplang GRC yang memang sudah dikenal akan banyak kelebihannya.

GRC adalah sebuah bahan yang terbuat dari campuran semen dan fiber kaca yang memiliki daya tahan sangat tinggi akan api, air dan juga anti rayap. Namun, sama seperti bahan material lainnya bahwa papan ini memiliki kekurangan yang dapat menyebabkan masalah yaitu keretakan. Keretakan pada lisplang GRC board sendiri dikarenakan banyak hal, seperti pemasangan yang terlalu erat, rangka yang salah dan masih banyak lagi. Tentu saja bagi Anda yang mengalami masalah keretakan pada papan GRC pada saat pemasangan ini perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya.

Solusi Mengatasi Masalah Keretakan Pada GRC Board

Masalah keretakan pada penggunaan GRC board sendiri memang menjadi momok yang sering dihadapi, terlebih lagi jika tukang memasang papan ini dengan buru-buru dan tidak hati-hati. Walaupun papan GRC sudah dikenal akan keawetannya, papan ini juga dapat mudah retak karena beberapa hal. Untuk mengatasi masalah keretakan ini di mana untuk memperbaiki masalah ini Anda membutuhkan compound khusus papan GRC. Berikut adalah cara yang tepat untuk menyelesaikan kendalanya :

1. Campurkan compound.

Hal pertama ketika Anda ingin mengatasi masalah keretakan pada lisplang GRC adalah dengan mencampurkan bahan compound khusus papan GRC yang dapat Anda peroleh dari tempat yang menjual papan ini. Anda akan mendapatkan 2 compound yang harus Anda campurkan secara merata, di mana rasio pencampuran antara bahan A dan B adalah 1:1. Untuk pengadukan sendiri Anda harus dapat memperoleh kekentalan yang tepat dan jangan terlalu lama.

2. Oleskan pada papan yang retak.

Setelah kedua bahan dicampur, hal selanjutnya adalah Anda dapat melakukan pengolesan campuran compound ini langsung pada bagian yang retak. Perlu diperhatikan untuk waktu penggunaannya, di mana Anda lebih baik menggunakan campuran ini kurang dari 30 menit semenjak pencampuran. Jangan pernah menggunakan campuran yang sudah lebih dari 50 menit karena sudah mengeras dan ini malah akan membuat papan kembali retak. Perhatikan waktu ini dengan baik agar memperbaiki keretakan pada papan GRC.

Baca juga: 6 Alasan Lantai Harus Kokoh Pada Gedung Produksi

3. Tunggu 24 jam.

Jika sudah mengoleskan kedua compound, Anda harus menunggu 24 jam hingga campuran kering. Hal ini juga sangat penting agar seluruh campuran dapat menyatu dan menutup keretakan dengan sangat baik. Setelah 24 jam Anda dapat melapisi papan GRC dengan lapisan lain seperti cat.

Itu adalah cara mengatasi keretakan yang memang menjadi salah satu kendala yang sering dialami pada saat penggunaan papan GRC. Papan yang terbuat dari campuran semen dan fiber glass ini memang sering kali dipilih karena dapat menghemat biaya cukup lumayan pada saat pembangunan rumah, hal ini sendiri dikarenakan harga GRC board sangatlah terjangkau per lembarnya. Bagi Anda yang ingin menggunakan papan ini sendiri, lebih memperhatikan banyak hal karena walaupun papan ini terkenal akan daya tahan yang tinggi tapi kesalahan pemasangan dapat membuat papan ini mudah retak dan malah akan membuat kerusakan yang fatal.