Jenis-Jenis Kusen Lengkap Dengan Keistimewaannya

Setiap orang pasti mengidam-idamkan hunian nyaman dan indah, hunian yang akan membuat siapapun tamu yang datang terpesona dan takjub. Nah untuk mendapatkan hunian semacam itu salah satu faktor penunjang yang tak boleh luput dari perhatianmu adalah bagian kusen. seringkali banyak pemilik rumah yang menganggap remeh masalah kusen ini, padahal kusen bisa menjadi penunjang keapikan dan kenyamanan di dalam ruangan loh. Kusen sendiri memiliki banyak jenis, namun ada satu jenis kusen yang sering menjadi andalan karena ringan, mudah dibentuk dan tentu saja harga yang sangat ramah di kantong yaitu kusen aluminium. Kusen ini sangat fleksibel sehingga cocok digunakan untuk hunian apapun, baik itu kantor, ruko maupun hunian pribadi.

Jenis Kusen

3 Jenis Kusen yang Sering Dipilih dan Keistimewaanya

Selain kusen aluminium, masih ada loh jenis kusen lainnya yang sering dipilih karena memiliki nilai estetika, tingkat keawetan yang tinggi maupun harga yang terjangkau. Ada 3 jenis kusen yang banyak dicari jenis kusen yang pertama adalah kusen kayu, untuk kamu yang menyukai gaya hunian vintage maka kusen kayu adalah pilihan yang sangat pas!. Selain bisa memberikan kesan kuno dan jadul, keistimewaan kusen jenis kayu ini juga sangat mudah diperoleh dan cocok untuk segala konsep bangunan, baik itu konsep minimalis maupun modern. Karena terbuat dari kayu, ternyata kusen jenis ini juga memiliki perhatian khusus yakni tidak anti rayap, sedikit tips untuk kamu yang ingin menggunakan kusen kayu sebaiknya oleskan anti rayap terlebih dahulu sebelum dilakukan finishing pada pemasangan kusen.

Jenis kusen selanjutnya yang tak kalah banyak diminati adalah kusen UPVC, harga kusen ini sedikit berbeda dari harga kusen aluminium dan kusen jenis lainnya hal ini dikarenakan material UPVC menggunakan turunan plastik  serta sulit menuai walaupun suhu di ruangan berubah secara drastis. Keistimewaan lain yang dimiliki oleh jenis kusen ini adalah tahan bocor, dibandingkan kusen jenis lain kusen UPVC tergolong  awet, tidak mudah bocor apabila terkena air hujan dan tidak mudah retak apabila terpapar oleh sengatan matahari dan suhu yang tiba-tiba naik. Selain itu, kusen jenis UPVC ini juga sangat mudah dibentuk dan disesuaikan dengan desain yang kamu inginkan. Kelemahan dari kusen UPVC ini hanya terletak pada masalah harga.

Baca juga: Bantu Anak Eksplor Imajinasinya, Berikut Ini Ide Kamar Dengan Nuansa Kuning Nan Ceria!

Kusen fiberglass, kusen ini adalah kusen ketiga yang banyak dipilih. Masalah harga kamu tidak perlu khawatir karena kusen jenis fiberglass ini cenderung lebih murah dibandingkan jenis kusen lainnya. Bahan dasar dari kusen ini adalah berbagai macam material dengan massa yang sangat ringan, sehigga sangat cocok diaplikasikan pada ruangan perkantoran ataupun hunian yang memiliki konsep minimalis modern. Sayangnya dengan harga yang sangat terjangkau kusen ini memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu, yakni mudah lembab dan berjamur. Untuk menghindari bagian kusen berjamur dan berubah warna kamu harus rajin membersihkan dan menjaga udara di sekitar ruangan agar tetap kering. Bukan hanya itu, kusen fiberglass juga sangat mudah berdebu, sehingga jika kamu lalai dalam membersihkannya maka jamur dan debu akan mudah ditemui di bagian kusen fiberglass ini.

Apapun jenis kusen yang kamu pilih pastikan sudah ditentukan dengan jenis bangunan, konsep dan yang terpenting adalah kantong. Harga kusen aluminium dengan harga kusen jenis lainnya berbeda-beda. Semakin mahal harga yang diberikan maka sebanding dengan material dasar dan tingkat keawetan kusen yang ditawarkan, jadi pandai-pandai lah memilih jenis kusen yang sesuai ya!.