Jangan Sampai Kecewa! Teliti Dulu Sebelum Membeli Paving Blok

Membeli Paving Blok

Distributor Harga Paving adalah material bangunan yang fungsi utamanya sebagai penutup permukaan tanah. Bahan bangunan ini dapat dipasang pada lahan parkir, halaman rumah, trotoar untuk pejalan kaki, maupun fasilitas umum lainnya. Modelnya ada banyak, dari yang bentuk paling umum dijumpai seperti batu bata dan heksagon, hingga model yang tergolong unik seperti topi uskup dan zig-zag. Namun, sebelum membeli material tersebut, ada baiknya Anda teliti terlebih dahulu. Pahami benar dari jenis, model, ukuran, atau apa pun itu mengenai paving supaya tak salah pilih.

Lihat Ukuran dan Jenis Paving Blok

Ukuran dan jenis paving penting sekali diperhatikan sebelum Anda membelinya. Sesuaikan keduanya itu dengan di mana Anda memasangnya. Untuk lahan parkirkah, untuk halaman rumah, gang jalan, trotoar, atau tempat lain. Ini karena masing-masing model paving memiliki ketebalan yang berbeda yaitu 6 cm, 8 cm, dan 10 cm (paling tebal).

Ukuran paving dengan ketebalan 6 cm ini umumnya dimanfaatkan untuk lahan pekarangan rumah atau tempat yang hanya dilewati oleh pejalan kaki seperti trotoar. Lalu yang 8 cm umumnya dipasang pada lahan parkir, halaman ruko, dan lahan semacamnya. Sedangkan ukuran yang paling tebal yaitu 10 cm biasanya dipasang pada area yang sering dilalui oleh kendaraan berat, seperti di area industri, pabrik, pelabuhan, dan lain sebagainya.

Sementara itu mengenai jenisnya, sedikitnya telah disinggung di bagian awal ulasan. Ada yang berbentuk batu bata, zig-zag, heksagon, dan topi uskup. Model lainnya yaitu bentuk segitiga dan paving untuk rumput. Jadi, selain ukuran tentukan dulu bentuk paving yang diinginkan. Jika ingin permukaan lahan tertutup rapat, maka pilih yang teksturnya rata. Namun, kalau ingin lahan tetap terlihat hijau, maka pilih jenis paving rumput.

Ukuran paving

Jangan Tergiur Harga Murah

Siapa pun pasti menginginkan produk bagus dengan harga murah, tapi jangan langsung tergiur dengan harga yang terlampau murah itu. Ingat, ada harga ada rupa, dan itu tidak bisa Anda abaikan. Nah, daripada was-was lebih baik Anda beli paving blok di tempat yang sudah terpecaya. Misal menurut Anda lebih mahal dari toko lain, minta diskon saja karena kualitas material di toko lain belum tentu sebaik toko bangunan yang sudah terbukti mutu produknya. Kecuali Anda sudah membuktikan sendiri, maka lain perkara.

Mengapa Memilih Paving?

Umumnya banyak orang lebih memilih memasang paving blok daripada aspal atau cor beton karena material ini memliki daya serap yang baik. Artinya, meski menutup permukaan tanah, material ini membantu menjaga keseimbangan air tanah. Bobotnya juga lebih ringan dari aspal atau beton. Apalagi dalam hal perawatan, paving sangat mudah untuk dibersihkan. Cukup diberi air sabun dan disikat, maka kotoran seketika hilang.

Baca juga: Cat Dinding Untuk Menyiasati Ruangan Sempit

Begitu pula saat rusak, tidak seperti aspal yang butuh banyak tenaga, waktu, biaya untuk menambal, paving mudah sekali diganti. Anda hanya perlu mengangkat bagian paving yang rusak dan menggantinya dengan paving baru. Sangat hemat tenaga dan waktu. Oleh sebab itu, saat membeli sebaiknya lebihkan jumlahnya untuk berjaga-jaga barangkali ada bagian yang rusak.

Sebelum membeli suatu produk, sudah seharusnya Anda teliti dan berhati-hati. Pastikan dulu apakah produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dan terjamin mutunya. Apalagi jika itu material bangunan. Jangan hanya karena harga murah, Anda langsung membeli tanpa meneliti dulu bagaimana kualitasnya.