Inilah 4 Karakteristik Atap Dak Beton Yang Baik

Atap Dak Beton

Dalam membangun sebuah rumah maupun gedung, sangatlah penting untuk memperhatikan bagaimana proses konstruksinya. Selain itu, elemen dan struktur konstruksi juga wajib untuk diperhatikan. Misalnya saja konstruksi pada bagian dinding, atap, dan juga pondasi bangunan. Tentu saja struktur penyusunnya haruslah kokoh dan tahan lama, tak terkecuali pada konstruksi dak.

Ada banyak material yang sering digunakan dalam pembuatan dak, yakni kayu, tanah liat, dan juga bahan beton. Nah, salah satu jenis dak yang sering dipakai untuk bangunan adalah jenis dak beton. Dak ini biasanya digunakan sebagai pembatas antara bagian atap dengan ruangan di bawahnya.

Penggunaan atap dak beton, ternyata juga memunculkan beberapa masalah terkait kebocoran. Terlebih lagi saat musim hujan, air bisa merembes pada sambungan genting dengan dinding. Nah, untuk mengatasi kebocoran ini, kamu bisa memanfaatkan pemasangan sika waterproofing untuk dak di Rekontruksi.com Selain itu, perhatikan juga beberapa karakteristik atap dak beton yang baik untuk atap rumahmu.

Karakteristik Atap Dak Beton yang Baik untuk Bangunan

Memilih dak beton untuk atap rumah, memang memiliki banyak kelebihan. Misalnya saja tahan terhadap perubahan cuaca, peredam panas, serta mudah dalam perawatan dan pembersihannya. Namun terkadang, penggunaan atap dak beton juga memiliki beberapa kelemahan. Nah, untuk meminimalisir kelemahannya, kamu bisa mengenali beberapa karakteristik dak beton yang baik untuk atap rumahmu.

Baca Juga : Bagian-Bagian dan Spesifikasi Pembangunan Ground Watertank

1. Dak beton haruslah kuat dan kokoh, sehingga memiliki kemampuan dalam mempertahankan berat. Selain itu dak beton juga perlu memiliki ketebalan yang tepat, agar mampu menahan adanya gangguan dan tekanan. Misalnya saja akibat cuaca panas dan dingin, serta tekanan dari angin yang cukup kencang. Sehingga ketebalan yang sesuai untuk atap dak beton adalah ukuran dengan tebal 8 cm.

2. Pengaplikasian dak beton halus dan merata. Hal ini sangat penting mengingat penggunaan dak beton berada di bagian atap, karena mempengaruhi estetika ruangan. Sehingga saat pengerjaan, perhatikanlah proses pengadukan adonan agar tercampur rata. Selain itu, perhatikan juga kekentalan adonan serta adanya butiran atau gelembung. Karena adonan ini akan mempengaruhi kualitas dari pengaplikasian dak beton.

3. Dak beton tidak mudah keropos dan terjadi keretakan. Sehingga saat pengerjaannya haruslah dilakukan tepat waktu, untuk mendapatkan kualitas dak beton yang baik. Dengan begini, tentu saja proses pengerjaan akan lebih efisien tanpa mengurangi kualitas dak beton.

4. Dak beton yang baik untuk atap, adalah  menggunakan jumlah material secara tepat. Misalnya saja saat menggunakan besi tulangan, tentunya harus dalam jumlah yang tepat agar tidak menambah beban tekanan. Sehingga sebelum pengerjaan, lebih baik menghitung dulu kesesuaian antara dimensi, jumlah material, serta ukuran atap.

Karakteristik dak beton yang baik untuk atap tersebut, tentunya bisa menjadi perhatianmu saat ingin menggunakan dak berbahan beton. Dan yang tidak kalah pentingnya jangan lupa melapisi atap dak beton dengan waterproofing.

Waterproofing ini sangat penting untuk melapisi atap rumahmu dari kebocoran atau rembesnya air hujan. Apalagi, kini banyak produsen yang menawarkan penggunaan waterproofing. Salah satunya yakni jasa waterproofing membrane bakar yang terpercaya untuk atap rumahmu.